Berkomunikasi dengan baik memerlukan empat keterampilan yaitu membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Untuk itu blog ini sebagai media dan alat pembelajaran. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
A. Menyimpulkan Isi Berita
Aspek: Mendengarkan
Standar Kompetensi:
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita. Kompetensi Dasar:
1.1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
1. Menyimak Berita
Simaklah berita berikut ini dengan saksama!
Budaya Sains Perlu DitumbuhkanOlimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetisi yang cukup bergengsi. Namun, ajang ini masih dipandang sebagai kompetisi belaka. Kompetisi ini belum dipandang sebagai upaya untuk mendorong tumbuhnya budaya mencintai sains. Akibatnya, kegiatan ini hanya sebatas mendulang medali saja. Hal ini akan memberi rasa kebanggaan bagi provinsi yang diwakilinya.Kegiatan ini terangkat dalam perbincangan dengan sejumlah guru, siswa, dan orang tua dalam pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) VI di Surabaya, Rabu (5/9). "Semangat untuk unggul di pelajaran sains memang masih untuk kompetisi. Untuk pembelajaran di kelas, masih terkendala sarana dan prasarananya. Kesannya kegiatan ini hanya untuk anak-anak yang cerdas saja. Belajar sains itu harus bisa disukai setiap anak-anak kata wakil komite sekolah di Makassar. "Persiapan untuk siswa yang ikut OSN kan terbatas. Jika sains diajarkan dengan enak, alat-alat laboratoriumnya lengkap, belajar sains jadi menyenangkan," kata Hana M. Aritonang, peserta dari Papua.Selain itu, seorang guru pendamping dari daerah lain mengeluh bahwa siswanya yang ikut terseleksi hingga tingkat provinsi belum mendapat pembinaan yang maksimal.Sumber: Kompas, 6 September 2007 dengan ubahan seperlunya.
Latihan Soal :
1.Setelah kalian menyimak berita tersebut, cobalah pahami isinya. Untuk menguji pemahaman kalian, jawablah pertanyaan berikut ini!
a.Di mana OSN berlangsung?
b.Mengapa olimpiade ini hanya sebagai ajang kompetisi?
c.Apa yang mereka harapkan dari kegiatan itu?
d.Adakah kendala yang dihadapi peserta?
e.Bagaimana agar belajar sains menyenangkan?
2.Sekarang dapatkah kalian menentukan pokok-pokok beritanya? Kalian dapat menentukan pokok-pokok berita berdasarkan pertanyaan tersebut.
2. Menyimpulkan Isi Berita
Beberapa tugas telah kalian selesaikan. Sekarang, coba buatlah simpulan isi berita! Simpulan berita berisi pokok-pokok berita, kemudian dirangkai dalam sebuah paragraf. Jika kalian belum memahami, lanjutkan simpulan berita berikut ini!
Olimpiade Sains Nasional (OSN) belum dipandang sebagai upaya untuk mendorong timbulnya budaya mencintai sains.
Hal ini karena . ......................................................................................
3. Kebahasaan
Kalimat Berita Positif dan Negatif.
Berdasarkan fungsinya, kalimat dibagi 3 yaitu kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. Kalimat berita berfungsi memberikan informasi, kalimat tanya berfungsi menanyakan sesuatu. Adapun kalimat perintah berfungsi menyuruh seseorang melakukan sesuatu.
Kalimat berita dibagi dua, yaitu kalimat berita positif dan kalimat berita negatif.
Contoh kalimat berita positif sebagai berikut.
1.Budaya sains perlu ditumbuhkan.
2.Andini belajar setiap hari.
3.Pesawat terbang presiden dirancang secara khusus.
Contoh kalimat berita negatif sebagai berikut.
1.Peserta belum mendapat pembinaan yang maksimal.
2.Afrizal tidak pernah datang ke rumah pamanku.
3.Karena belum mengerjakan tugas rumah, Ridwan mendapat teguran dari Bu guru.
Uji Kebahasaan
1 Bacalah paragraf berikut ini! Selanjutnya tentukan kalimat berita positif dan negatif!
Akhir-akhir ini Rido selalu pulang terlambat. Ia tidak pernah pulang bersama Usup. Jika ditanya ibunya, selalu saja ada alasannya. Ada tugas kelompok di sekolah, begitu jawab Rido. Pernah sekali ibunya curiga, karena Rido mengambil uang belanja di Lemari. Keadaan yang paling menjengkelkan ibunya, Rido tidak pernah belajar. Nilai ulangannya tidak sebagus dulu. Ternyata Rido punya kesibukan baru, bermain play station di belakang sekolah.
2. Berilah tanda (P) jika kalimat berita berikut ini positif dan (N) jika termasuk negatif.
a.Nani belum mengetahui peristiwa itu.
b.Rohmad menjadi juara membaca puisi.
c.Bunga itu mekar setiap pagi hari.
d.Ayah tidak jadi berangkat karena hujan deras sekali.
e.Kunci mobil ayah tertinggal di kantor.
f.Jangan masuk rumah dulu karena sedang dipel.
g.Ruri tidak mengikuti ulangan karena sakit.
h.Mungkin dia lelah sehingga tidak datang.
i.Sebaiknya sarapan pagi dulu sebelum berangkat sekolah.
j.Membatik ternyata tidak semudah yang kubayangkan saat ini.
3. Buatlah :
a.Buatlah 3 kalimat berita positif!
b.Buatlah 3 kalimat berita negatif!
Demikianlah Pelajaran 1 Sains dan Budaya, Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Kelas 7. mudah-mudahan bermanfaat.
EmoticonEmoticon